Kenali Gejala dan Cara Pengobatan Insomnia.

Insomnia merupakan bentuk gangguan tidur sehingga mengakibatkan penderitanya sulit tidur atau tidak bisa tidur walaupun terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Gangguan insomnia ini akan mengakibatkan kondisi penderita kesulitan untuk melakukan aktivitas keesokan harinya. Oleh karena itu, untuk Anda yang mengalami insomnia dapat menggunakan aplikasi klikdokter yang menyediakan fitur live chat dokter 24 jam.

Kenali Gejala dan Cara Pengobatan Insomnia.

Padahal dapat dikatakan bahwasannya kuantitas dan kualitas tidur mempengaruhi kualitas hidup serta kesehatan seseorang secara keseluruhan. Sementara kondisi tubuh dikarenakan tidur yang tidak cukup akan mengakibatkan gangguan fisik serta mental. Sementara menurut beberapa ahli tubuh membutuhkan 8 jam waktu tidur dalam sehari untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit.

Namun, tahukah Anda terdapat dua tipe insomnia yakni insomnia sekunder dan insomnia primer. Insomnia primer merupakan insomnia yang tidak terikat kondisi medis lain. Sementara insomnia sekunder merupakan insomnia yang dapat disebabkan oleh gangguan kesehatan lain seperti asma, radang sendi, kanker depresi, atau refluks asam lambung bahkan insomnia sekunder ini juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat-obatan ataupun alkohol.

Gejala dan Cara Pengobatan Insomnia

Biasanya penderita insomnia mempunyai satu atau bahkan lebih gejala misalnya merasa sulit untuk tidur lalu saat terbangun di malam hari akan sulit untuk tidur kembali, sering bangun terlalu pagi, mudah merasa lelah serta mengantuk keesokan harinya, kesulitan dalam mengingat maupun berkonsentrasi. Untuk mengatasi penyakit insomnia atau sulit tidur ini hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengetahui penyebab timbulnya penyakit insomnia. Hal ini dilakukan agar pengobatan tepat sasaran. Penanganan terhadap penyakit insomnia sendiri secara umum terbagi menjadi 2 kelompok besar yaitu:

  • Perubahan Perilaku

Perubahan perilaku atau behavior therapy adalah terapi lini pertama yang bertujuan untuk mengatasi insomnia. Terapi ini bergunamembuat kebiasaan tidur yang baik seperti dengan membuat jadwal tidur secara teratur, menghindari aktivitas yang bisa membuat anda tetap terjaga serta membuat lingkungan yang nyaman agar dapat tertidur.

  • Cognitive behavioral therapy

Cognitive behavioral therapy yaitu terapi yang bisa membantu Anda untuk mengatur atau mengontrol rasa khawatir serta negatif thinking yang dapat membuat Anda tetap terjaga.

  • Teknik relaksasi

teknik relaksasi yaitu relaksasi otot serta latihan pernafasan yang dilakukan guna untuk mengurangi gangguan kecemasan

  • Stimulus Control Therapy

Stimulus Control Therapy bertujuan untuk membatasi aktivitas di tempat tidur yang bisa membuat anda terbangun. Bahkan Anda akan diminta untuk menjadikan tempat tidur hanya untuk beristirahat yakni tidur saja serta untuk melakukan aktivitas seksual. Kesimpulannya selain kedua hal tersebut kegiatan seperti makan, menonton tv,  bekerja atau membaca di tempat tidur dilarang untuk dilakukan.

  • Pemberian obat-obatan

Pemberian obat-obatan hanya akan dilakukan apabila insomnia tidak dapat diatasi dengan terapi. Obat tidur dan sejenisnya hanya dapat diberikan oleh dokter dan jika tetap berada dalam pengawasan dokter. Biasanya dokter pun tidak merekomendasikan untuk menggunakan obat tidur dalam jangka waktu lama.

Untuk mencegah penyakit insomnia dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti berikut:

  • Berolahraga secara teratur setidaknya lakukan minimal 4 jam sebelum tidur dan yang paling penting hindari berolahraga pada saat mendekati waktu tidur sebab hal ini bisa mengganggu kualitas tidur Anda.
  • Hindari mengonsumsi nikotin serta alkohol khususnya waktu sore dan malam hari
  • Usahakan agar Anda terpapar sinar matahari pada sore hari sebab hal tersebut bisa membantu tubuh untuk melepaskan melatonin serta regulasi ritme sirkadian tubuh
  • Terakhir sebaiknya Anda melakukan beberapa teknik untuk melepas stres misalkan meditasi Yoga kau pun relaksasi

Cara di atas dapat Anda lakukan untuk menghindari terjadinya insomnia. Anda pun bisa live chat  dokter 24 jam melalui aplikasi klikdokter.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>